PENYEBAB DARAH TINGGI (HYPERTENSI)

Hipertensi (HTN) atau tekanan darah tinggi, adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat.

Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah dari biasanya melalui pembuluh darah. Naiknya tekanan darah kerap tidak disadari oleh mereka yang menderita hipertensi. Tiba-tiba saja mereka mengalami pusing, atau bahkan serangan jantung akibat meningkatnya tekanan darah. Meskipun dibilang sepele, akan tetapi kondisi tersebut dapat berkembang secara kronis, seperti struk dan penyakit jantung. Adapun tekanan darah melibatkan dua pengukuran sistolik (otot jantung berkontraksi) dan diastolic (berelaksasi di antara denyut). Tekanan darah normal pada saat beristirahat adalah dalam kisaran sistolik 110-140 mmHg (bacaan atas) dan diastolic (bacaan bawah) 70-90 mmHg, tekanan darah tinggi terjadi bila terus menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih. Maka dari itu mengenali penyebab hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah hal yang paling penting sebagai tindakan pencegahan.

Penyebabnya :

Usia

Semakin bertambahnya usia seseorang, semakin tinggi juga peluang mengalami tekanan hipertensi. Orang yang lebih tua biasanya berisiko mempunyai sistolik tinggi. Penyebabnya adalah karena pengerasaan pembuluh darah yang semakin menjadi ketika usia lebih lanjut.

Faktor Keturunan

Jika dalam keluarga ada sejarah tekanan darah tinggi, anda harus mulai memeriksa kesehatan. Tekanan darah tinggi yang di sebabkan  oleh  faktor  keturunan dapat  menyebabkan berbagai  masalah meski pada usia dini.

Jenis Kelamin

Berhati-hatilah bagi para pria! Dr. Gowala mengungkap bahwa pria memiliki kemungkinan lebih besar terkena tekanan darah tinggi daripada wanita. Meskipun demikian wanita juga harus berhati-hati dan waspada terhadap datangnya hipertensi. Para wanita juga mempunyai risiko yang sama hanya saja persentasinya lebih kecil di bandingkan laki-laki. Baik laki-laki maupun wanita harus menjaga pola hidup dan kebiasaan makan.

Kelebihan Berat Badan (obesitas)

 Obesitas bisa menjadi penyebab utama naiknya tekanan darah, hal ini karena lemak yang ada dalam tubuh dapat  mengganggu  sirkulasi darah. Jadi upayakan agar berat badan berada taraf normal tetap sehat dan menarik.

Sensitivitas Garam

Sebagian orang mempunyai sensitivitas yang tinggi terhadap asupan garam dan sodium, sedikit saja mereka mengonsumsi garam atau sodium menyebabkan tekanan darah meningkat secara drastis

Konsumsi Alkohol

Mabuk padahal baru minum dua gelas minuman keras? Itu adalah peringatan agar segera berhenti mengkonsumsi minuman keras, karena mengonsumsi minuman keras berdampak buruk bagi tubuh dan keseluruhan kesehatan, dan alkohol dapat meningkatkan tekanan darah anda 2x lipat. Untuk menjaga kesehatan agar tekanan darah tetap normal, hindarilah alkohol sebisa mungkin, disamping tubuh sehat, alcohol pun dilarang dalam agama Islam.

Stress

secara otomatis bisa membuat tekanan darah anda naik. Maka dari itu kelola stress anda dengan baik dan tenangkan diri segera mungkin. Buatlah diri anda rileks

Bermalas-malasan

Bermalas-malasan tidak hanya membuat pinggang anda semakin lebar, akan tetapi juga meningkatkan tekanan darah. Dan karenanya harus banyak beraktivitas, cobalah dengan olahraga ringan, favorit ataupun jalan kaki saat berangkat ke kantor.

   Konsumsi Obat secara terus menerus

Beberapa obat yang digunakan untuk menyembuhkan flu dan alergi bisa membuat tekanan darah jadi tinggi, jadi sebelum mengkonsumsi obat-obatan konsultasikan pada dokter , hal ini wajib di lakukan untuk menghindari komplikasi serius.

Penggunaan Kontrasepsi

Jika ingin menkonsumsi pil kontrasepsi, anda harus berkonsultasi kepada ahlinya dan memikirkannya secara matang-matang, karena mengkonsumsi pil KB atau kontrasepsi memicu terjadinya tekanan darah tinggi.

Berikut ini ada beberapa tips atau cara dalam mengatasi darah tinggi ( hipertensi )sebagai suatu langkah pencegahan, di antaranya :

  • Bagi yang mengalami kelebihan berat badan, hendaknya menurunkannya secara ideal
  • Ubahlah pola makan dan hidup yang sehat
  • Kurangi konsumsi garam atau sodium secara berlebih
  • Berhentilah mengonsumsi alkohol dan merokok
  • Selalu mengupayakan olahraga minimal seminggu 1x
  • Kurangi pikiran dengan cara rileks
  • Berbekam sebulan sekali biar darah kembali normal
  • Kurangi konsumsi obat-obatan secara terus menerus
  • Berdoa dan beribadah lebih di tingkatkan

Click to open larger map

Anda Pengunjung Ke


Hit Counter provided by Curio cabinets