“Dengan nama Allah, aku meruqyahmu dari setiap penyakit yang membahayakanmu dan dari kejahatan setiap jiwa yang jahat atau mata jahat pendengki. Semoga Allah menyembuhkanmu. Dengan nama Allah aku meruqyahmu.”

Abu Daud dalam Sunannya meriwayatkan hadits Abu Darda ia menceritakan : Aku pernah mendengar Rasulullah saw bersabda, Barangsiapa diantara kalian mengeluhkan sesuatu atau mendapatkan keluhan salah seorang saudaranya, hendaknya mengucapkan : “Ya Allah, Rabb kami yang ada di atas langit, sungguh Maha Suci nama-Mu dan agama-Mu di langit dan di bumi, seperti juga Rahmatmu dia atas langit, maka jadikanlah Rahmat-Mu ada di bumi. Ampunilah dosa dan kesalahan kami; Engkau adalah Rabb dari orang-orang Shaleh. Turunkanlah rahmat dari sisi-Mu, kesembuhan dari kesembuhan-Mu terhadap keluhan ini. Niscaya dengan izin Allah akan sembuh.”

Muslim meriwayatkan dalam Shahihnya bahwa Abu Sa’id Al-Khudri ra berkata Jibril as datang kepada Rasulullah saw dan bertanya kepadanya, “Wahai Muhammad, apakah engkau sakit?” Beliau menjawab, “Ya!” Maka Jibril as berkata : Dengan nama Allah, aku meruqyahmu dari setiap penyakit yang membahayakanmu dan dari kejahatan setiap jiwa yang jahat atau mata jahat pendengki. Semoga Allah menyembuhkanmu. Dengan nama Allah aku meruqyahmu.”

Jika orang bertanya, “Bagaimana pendapat anda tentang hadits yang diriwayatkan Abu Dawud,Tak ada Ruqyah kecuali untuk mata jahat atau sengatan binatang berbisa?”

Kami menjawab pertanyaan ini dengan mengatakan sebagai berikut. Hadits tersebut tidak mengingkari bahwa ruqyah dapat digunakan untuk kepentingan lainnya, tetapi hanya menyatakan bahwa ruqyah berfungsi dengan sangat baik untuk mengatasi mata jahat dan sengatan binatang berbisa.  Fakta yang mendukung pernyataan tersebut adalah hadits Sahal bin Hunaif yang bertanya kepada Rasulullah saw ketika ia terjamah mata jahat, “Apakah ruqyah bermanfaat?” Rasulullah saw menjawab, “Tak ada ruqyah yang berfungsi lebih baik selain untuk mata jahat atau sengatan binatang berbisa.”

Banyak hadits lain secara umum membolehkan ruqyah. Sebagai contoh, Imam Muslim meriwayatkan bahwa, “Rasulullah saw membolehkan penggunaan ruqyah untuk mengatasi mata jahat, sengatan binatang berbisa dan namlah.”

Wallahu ‘alam bishowab

 

Click to open larger map

Anda Pengunjung Ke


Hit Counter provided by Curio cabinets